Suzumiya Haruhi ~ Indonesian Version:Jilid1 Catatan dan Referensi Penerjemah

From Baka-Tsuki
Jump to: navigation, search

Mommy Kissing Santa Claus[edit]

"I saw Mommy Kissing Santa Claus" itu lagu natal yang dibawakan oleh Jimmy Boyd, mencapai #1 Billboard charts tahun 1952. Makanya ga diterjemahkan.

btw, WOW! Lagu jadul banget ya~~

link na: http://en.wikipedia.org/wiki/I_Saw_Mommy_Kissing_Santa_Claus

Handball[edit]

Saya juga ga terlalu tau, abisnya ga terlalu populer sih di Indonesia. Tapi ternyata olahraga ini sudah diolimpiadekan loh!

Lihat2: http://en.wikipedia.org/wiki/Team_handball

O-fuda[edit]

O-fuda (お札) itu jimat Shinto yang bahannya dari kertas, kayu ataupun metal. Jimat itu biasanya untuk membawa keberuntungan, mengusir atau menangkap roh jahat, atau untuk perlindungan dari sakit.

link lengkap na: http://en.wikipedia.org/wiki/O-fuda

AWOL[edit]

Absent WithOut Leave. Artinya absen tidak pergi.

Saya ga tau gimana basa Indonesianya yang tepat :(

Monster Loch Ness[edit]

Mungkin udah ada yang pernah denger.

Monster itu adalah hewan yang tak teridentifikasi yang katanya menghuni Loch Ness di Scotland. Keberadaan hewan itu ga pernah terkonfirmasi dan biasanya dihubung2kan sama mitos.

Ada filmnya loh, tentang monster Loch Ness ini. Cuman gw lupa judulnya hehe... :P

Link lengkap na: http://en.wikipedia.org/wiki/Loch_Ness_monster

Warna Pita Rambut[edit]

Pilihan warna si Haruhi sesuai dengan nama2 hari Jepang. Contohnya Rabu itu suiyobi, artinya hari-air, makanya biru. Jumat, Kinyobi, atau hari-emas, jadinya emas

Pendidikan Wajib[edit]

Pendidikan wajib di Jepang sama dengan Indonesia. Pendidikan Wajib itu SD sampe SMP, SMA ga wajib. Beda sama negara2 kayak Amerika dll, SMA wajib.

Tiga Hukum Clarke[edit]

Itu merupakan kutipan yang paling terkenal dari Tiga Hukum Clarke dalam essay Profiles of The Future tahun 1962 oleh Arthur C. Clarke.

Tiga Hukum Clarke diantaranya:

  1. Saat ilmuan terkenal namun dituakan menyatakan bahwa sesuatu itu mungkin, dia hampir pasti benar. Saat dia menyatakan bahwa sesuatu itu mustahil, dia sangat mungkin salah.
  2. Satu-satunya cara menemukan batas sebuah kemungkinan yaitu berani meresikokan sedikit melebihi ke arah yang mustahil.
  3. Setiap teknologi terdepan tiada bedanya dengan sihir.

Hebat banget si Kyon tau beginian! Gue aja baru tau setelah googling dikit. Koq ga diajarin ya pas kita sekolah :(

Hukum dengan bahasa aslinya: http://en.wikipedia.org/wiki/Clarke's_three_laws

Btw, penulis dari Eropa sana keren2 ya. Dalem banget! Beda sama penulis2 Amerika, kurang nendang n dalem!

Kaleng Hatosabure[edit]

Hatosabure itu oleh-oleh biskuit terkenal dari Kamakura. Biskuitnya berbentuk merpati.

Hato sabure.jpg

Lucu ya!? heheheh....

Nah biskuit ini dikemas dalam bentuk kaleng, kalengnya seperti ini:

Kaleng Hatosabure.jpg

Sumber: Website Ryoko, dan google image.

ps: Kalo ke Kamakura jangan lupa beli ini ya!

Banshee[edit]

Yang maen DoTA mungkin dah tau kali ya....? hehehe...

Banshee.jpg

Menurut legenda, banshee itu menangis meraung-raung di sebuah rumah saat salah satu penghuninya mau meninggal. Banshee biasanya digambarkan sebagai seorang wanita berpakaian putih atau abu-abu, dan kadang punya rambut panjang lurus yang mereka sisir dengan sisir perak. Gambar Banshee diatas sih versi sexy na hehehe....

Bintang Albireo Alpha[edit]

Albireo itu sistem dua-bintang (walau bisa jadi sistem tiga-bintang) 385 tahun-cahaya jauhnya dari bumi, bintang yang sinarnya ketiga paling terang di rasi bintang Cygnus.

The Fall of Hyperion[edit]

Buku yang dibaca itu sebenarnya The Fall of Hyperion oleh Dan Simmons - tapi jelas kalau si Kyon itu tidak mengenali judul yang berhubungan dengan Titan Yunani dan puisi John Keats tentangnya, dan malah berpikir itu tentang satelit Saturnus, Hyperion

Sebelumnya, si Nagato Yuki pernah bilang kalo nih buku unik. Dan kata orang2 yang dah pernah baca, nih buku memang unik. Shit! jadi pengen baca. Si gramedia siyal cuman nyetak buku2 gay ga jelas macem Twilight. (becanda2, gw blom baca Twilight masalah na hihi... ga tertarik)

Doraemon[edit]

Mungkin sekarang ini ga ada orang Indonesia yang ga tau sama kucing robot satu ini. Dia itu kucing robot dari masa depan yang sering tersenyum terutama jika setelah mengeluarkan sesuatu dari kantong empat dimensinya.

Kalo dibaca baek2 paragraf2 sebelumnya ternyata perilaku Haruhi ini mirip banget sama si Doraemon. Ngerogoh2 kantong, trus senyum lebar selagi menunjukkan apa yang sudah dikeluarkan dari kantongnya. Gw ketawa2 pas sadar ini.

Wiki Doraemon: http://en.wikipedia.org/wiki/Doraemon

Entitas Gabungan Benak Data[edit]

SIS aja, di wallpaper ofisial SH istilah tersebut diterjemahkan information integration thought body, dan istilah Indonesianya diterjemahkan dari versi Baka-Tsuki.

Lebih bagus yang Baka-Tsuki ya...? xD

Antarmuka Manusia Buatan Hidup[edit]

Sama dengan diatas, wallpaper ofisial SH mengartikan Nagato Yuki sebagai Humanoid Interface.

Pertama Melihat[edit]

Bila ada sebuah kelompok menghadapi masalah, biasanya para anggotanya akan melihat/menengok pada seseorang yang dianggap sebagai pemimpin untuk dimintai (tanpa berkata tentunya) pendapatnya, dan akhirnya si anggota2 tersebut melakukan apa yang si pemimpin anggap untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Sama halnya dengan Nagato-Kyon. Maksud Nagato "pertama melihatnya" saat ada ancaman adalah si Nagato akan selalu mengedepankan Kyon untuk pemecaham masalah2 yang timbul karena Haruhi. Dan memang terbukti seperti itu! Baca terus deh di jilid2 berikutnya, ntar juga tau.

Jujur aja, gue ga tau apa bahasa Indonesia yang tepat untuk makna ini. Siall nejermahin itu emang sulit! (*_ _)

Budaya Aneh Orang Jepang[edit]

Orang Jepang itu aneh. Kalo misalnya cowo n cewe berteman dan mau ke suatu tempat, yang cowok bakalan jalan jauuuhhh di depan, sedangkan yang cewe jauuhh di belakang. Abisnya jalan bebarengan satu baris itu hanya buat sama-sama cowo ato cewe ato mereka lagi pacaran.

Aneh banget!

Ngapain juga kek gitu! Ntar kalo cewenya diculik gimana!? Kalo misalnya yang cewe nyangkut lantaran mo window-shopping gimana?! Ah aneh! Lagian, mereka kan tujuannya sama. Sementara kita disini, yang cowo mesti jalan di kanan kalo2 ada mobil, ato dokar yang tiba2 nyasar n nabrak. Jadi intinya ngelindungin cewe.

Gambar Diam[edit]

Istilah "Gambar Diam" mungkin ga terlalu populer ya. Ini tuh istilah animasi, bahasa sononya "still image" ato "freeze frame".

Dan memang dalam dunia animasi Indonesia, "still image" ato "freeze frame" itu diartikan sebagai gambar diam. Coba deh tanya orang2 yang animasi, pasti begitu jawaban na.

The Blue Bird of Happiness[edit]

Pertama kali diterbitkan tahun 1908 L'Oiseau bleu, sebuah sandiwara anak-anak oleh pujangga Belgia pemenang Nobel Sastra Maurice Polydore-Marie-Bernard Maeterlinck (1862-1949). Seperti Tanigawa Nagaru, Maeterlinck belajar hukum dulu, terus banting setir ke sastra.

Sandiwara tersebut berisi elemen2 yang mirip2 dengan cerita Suzumiya Haruhi dan kawan-kawan. Ada dua anak kecil, cowok dan cewek, dikirim pergi oleh seorang peri, untuk mencari Burung Biru Kebahagiaan yang mistis. Di perjalanan mereka, mereka mengunjungi tempat2 yang menyimbolkan pemikiran dan emosi manusia, termasuk diantaranya Negeri Kenangan, Istana Malam, dan Kerajaan Masa Depan. Terus baca novel Haruhi ini, dan coba pikir deh, tempat2 ini "agaknya" mirip sama temen2 Haruhi. Endingnya (ya gpp lah ya, ga bakalan baca juga xD ), perjalanan anak-anak tersebut sia-sia, tapi ketika pulang, mereka mendapati bahwa Burung Biru tersebut ada di dalam sangkar selama ini. Moral cerita: kebahagiaan dapat ditemukan di rumah, yah menurut gw sih ada di dalam diri sendiri, dan perjalanan tersebut sama pentingnya dengan tujuan mencari kebahagiaan tersebut.

Entah pembaca mau mengintepretasikannya gimana. Silahkan simpulkan sendiri. Kalo menurut gw sih: si penulis agaknya mendapatkan inspirasinya, walau tidak semua, dari sandiwara tersebut. Tentu saja tidak plagiat. Walau gw blom baca The Blue Bird, tapi kiranya gw tau, ceritanya terlalu berbeda.

Oh ya, kebanyakan tulisan referensi ini gw ambil dari referensi bahasa Inggris. Sori ya kepanjangan, abisnya menarik sih xD

Downer[edit]

Kata Freak Of Nature, di novel aslinya pun pake kata "downer", ハルヒのダウナー (Haruhi no DAUNAA). Artinya kedepresian seseorang.

Duduk di Kantin[edit]

Apa anehnya!? Sekali lagi budaya Jepang yang aneh!

SQL Script[edit]

Ketawa gw pas pertama kali baca ini. Sebenarnya, yang Nagato gumamkan itu SQL Script. Semacam bahasa (well, bukan bahasa juga sih sebenarnya), untuk mengambil data dari database.

Terpukau gw si Tanigawa ini tau juga soal beginian. Padahal dia anak Hukum dan seorang penulis. Mantap! Benar-benar terpelajar! Tapi... strukturnya ga jelas, gw bingung tuh sql script mau ngambil data apaan? wakkakakkaka.......

Silahkan liyat2: http://en.wikipedia.org/wiki/SQL

Putri Salju[edit]

Haha... kayaknya semua orang dah pada tau deh. Tapi mungkin aja ada yang ga tau.

Jadi Putri Salju itu cerita dongeng mulut-ke-mulut di Eropa sana. Tapi yang terkenal itu versi Brothers Grimm yang oleh Disney dikartunkan.

Ceritanya: karena kecemburuan Ratu akan kecantikan Putri Salju, dia memerintahkan Pemburu untuk membawanya ke hutan dan membunuhnya. Tapi Pemburu tersebut tak mampu, pada akhirnya. Si putri dibiarkan saja di hutan, menemukan gubuk tempat tinggal tujuh kurcaci. Ratu akhirnya marah besar dan berusaha membunuhnya sendiri. Beberapa kali mencoba gagal, dan usahanya yang terbaik pun hanya membuat si putri bobo dengan apel terkutuk. Dasar Ratu ga becus. Yah omong2, tiba-tiba seorang pangeran entah darimana lewat, yang pada akhirnya membangunkan putri dengan ciuman di bibir. Ehhm ehmm echi! Cari kesempatan!

Snow White itu diterjemahkan jadi Putri Salju, tapi ada juga yang menerjemahkan jadi Putih Salju. Tapi karena pembaca kayak gue biasanya taunya Putri Salju, akhirnya di pakailah itu.

Asas Antropis[edit]

Asas yang sangat menarik. Bikin orang jadi berpikir, kok bisa kita bisa hidup di dunia ini.

Ada blog menarik yang membahas asas ini, tidak menghakimi, tidak mendakwa, silahkan ke sini: http://aprillins.com/asas-antropis

Toki o Kakeru Shoujo[edit]

Toki o Kakeru Shoujo (時をかける少女, "The Girl Who Leapt Through Time") ato bahasa Indonesianya Gadis yang Lompat Melalui Waktu itu adalah sebenarnya novel tahun 1976 ditulis oleh Yasutaka Tsutsui.

nih wiki na: http://en.wikipedia.org/wiki/Toki_o_Kakeru_Shōjo

Nanpa[edit]

Tindakan mejeng di jalanan dan ngegodain cewek-cewek, kebanyakan biasa buat para pemuda (anak SMA dan awal-awal kuliah). Cowo yang selalu melakukan ini disebut dengan istilah yang sama, dan terkadang dianggap agak aneh.

Heno-ji[edit]

Ini tuh gambar anak-anak pake karakter2 Hiragana へのへのもへじ (henohenomoheji) dan membentuk muka manusia. Coba liat ke sini, biar bisa liat gimana cara bikinnya.

Kamelia[edit]

Mungkin dah pernah liyat.

Jujur aja gue ga pernah liyat... :/

Katanya nih bunga tersebar dari Asia Timur, ke Asia Tenggara (Indonesia masuk), sampai ke Asia Selatan sana.

Gambar dapet dari sini: http://en.wikipedia.org/wiki/Camellia

Nol Mutlak[edit]

Nol Mutlak itu batas akhir suhu di semua sistem makroskopik (ga ngerti apa maksudnya >_<). Suhunya adalah 0 Kelvin. -273.15°C, atau -495.67°F. Dan seterusnya gue ga ngerti apaan dari Referensinya Inggris, jadi ga gue terjemahin.

"Tambahan aja, secara gampang, nol mutlak berarti suhu ketika tidak ada pergerakan molekul, yang artinya segalanya berhenti. Kalau salah silahkan diganti dengan yang benar."

Silahkan liyat2 sini kalo masih tertarik: referensi Inggris wiki Indo yang ga maju2 wiki Inggris