Suzumiya Haruhi ~ Indonesian Version:Jilid2 Catatan dan Referensi Penerjemah

From Baka-Tsuki
Jump to: navigation, search

Afro[edit]

Afro.jpg

Rambut Afro itu ya kayak diatas.

Gambarnya diambil dari sini: http://www.menshaircaretips.com/afro.html

Bunga Plum[edit]

Di puisi-puisi Jepang, bunga plum itu merepresentasikan musim semi, bukan musim gugur.

Tanda lainnya yaitu, dari akhir Februari sampai Akhir Maret, bunga plum akan mekar dengan indahnya. Tanda bahwa musim semi akan datang. Setelah itu, yaitu akhir Maret, bunga Sakura akan mekar selama dua minggu (bentar amat), tanda bahwa musim semi sudah datang. Hhh, negara 4 musim emang beda ya~, iri aku...

Landas Kontinen[edit]

Ayo2, coba inget2 pelajaran geografi SMP/SMA dolo hihihi....

Landas Kontinen

Landas Kontinen, ato di gambar namanya Continental Shelf, adalah dasar laut yang secara geologis maupun morfologi merupakan lanjutan dari sebuah kontinen (benua). Kedalaman lautnya kurang dari 150 meter. (copas nih hehe...)

Gambar dapet dari wiki: http://en.wikipedia.org/wiki/Continental_shelf#Topography

Pengertian dapet dari: http://www.e-dukasi.net/mol/mo_full.php?moid=99&fname=geox0805.htm

Point Blank Range[edit]

Adalah jarak antara senjata api dan target yang peluru senjata tersebut dan akan mengenai target tanpa harus mengatur ketinggian senjata api. Point Blank Range tiap senjata berbeda dan tergantung pula dengan targetnya.

Jadi maksudnya, bila target ditembak dalam jarak Point Blank, target pasti kena. Walaupun tutup mata. Gitu....

Gue ga tau bahasa Indonesianya apa, jadi ga usah diterjemahkan aja deh.

Club Sandwich[edit]

Kira-kira seperti ini:

nyam... nyam.....


Atom[edit]

Atom adalah bagian terkecil dari sebuah materi apapun. Setiap benda yang kita lihat, sebenarnya terdiri atas ber... (lebih banyak dari triliun deh). Apakah itu meja, kursi, gelas, pohon, kucing, manusia sendiripun bagian terkecilnya adalah atom. Nah atom ini tersusun atas 3 komponen, yaitu:

  • Proton dengan massa 1.6726231 * 10-24 g
  • Elektron dengan massa 9.10 * 10-28 g
  • Neutron dengan massa 1.6749 * 10-24 g

Dan partikel Mikuru Beam R punya massa 10-41 g. Hmm.... Apaan itu ya?

narasumber:

Death Tarot[edit]

Sebenarnya, kartu tarot ketigabelas itu tidak selalu digambarkan oleh Dewa Kematian membawa sabit besar. Tanda yang selalu ada itu Tengkorak dan Mawar Putih. Eh bentar, bahkan ada kartu yang menghilangkan Mawar Putihnya. Ah entahlah, gw ga tau mana yang bener, abisnya bukan ahli tarot sih hehe....

Kartunya itu kek gini:

kartu tarot ketigabelas - Death

Gambar diambil dari sini:

http://en.wikipedia.org/wiki/Death_(Tarot_card)

http://www.tarotteachings.com/death-tarot-card-meanings.html

Kucing Belang[edit]

Oke.. oke... mungkin yang udah pernah nonton animenya ngerti. Kucing yang diambil itu bukan kucing belang biasa, tapi kucing tiga-warna atau calico. Penyebutan dengan kucing belang memang ambigu, tapi mo gimana lagi? Sepertinya di novel aslinya begitu.

Nah soal anehnya Haruhi yang tak terpesona karena itu kucing belang (calico) jantan, calico itu biasanya betina. Maaf salah, seharusnya: calico itu hampir selalu betina. Kira-kira 1 kucing calico jantan akan lahir dari 3000 kelahiran kucing. Jarang banget kan? Dan kalaupun ada, itu dianggap kelainan. Namanya Sindrom Klinefelter. Nah, makanya itu si kucing itu sangat amat spesial sekali. Dan si bedul Haruhi itu ga sadar.... cape dee~ >_>

sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Calico_cat